Assalamualaikum Wr. Wb
Kali ini saya akan memposting
tentang cara membuat buku di miscrosoft word. Berikut penjelasannya.
langkah-langkahnya antara lain
meliputi :
1. membuat cover depan buku
2. membuat daftar isi
3. membuat isi dari buku tersebut. yang didalamnya meliputi equation, header-footer, watermark, dropcap, tabel, footnote dan bullet and numbering.
4. mencantumkan biografi penulis.
Pertama saya akan menjelaskan tentang :
1. membuat cover depan buku
2. membuat daftar isi
3. membuat isi dari buku tersebut. yang didalamnya meliputi equation, header-footer, watermark, dropcap, tabel, footnote dan bullet and numbering.
4. mencantumkan biografi penulis.
Pertama saya akan menjelaskan tentang :
Cara membuat cover pada ms.word
- Pertama silahkan buka program ms word rekan di Start >> All Programs >> Microsoft Office, pilih microsoft word.
- Kemudian selanjutnya klik tab menu Insert >> Cover page, dan pilih salah satu desain cover page yang rekan sukai, maka secara akan muncul desain cover yang sudah rekan pilih di page /halaman pertama lembar kerja ms word.
- Disini rekan tinggal mengganti title (judul), serta tahun maupun gambar sesuai dengan keinginan masing-masing. Dan jika di rasa sudah sesuai silahkan di save/simpan.
Selanjutnya,
saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi di microsoft word
1. Buka artikel / tulisan yang sudah Anda ketik
2. tulisan yang ingin Anda tampilkan dalam daftar isi, misalnya yang pertama kali Anda blok tulisan “ISI”,
3. Klik di menu Reference, pada Sub Menu Table of Contents klik di tulisan Add Teks nanti akan muncul pilihan mulai dari Level 1 sampai dengan Level 3. Silahkan Anda klik Level 1. Jangan kaget karena tulisan Anda akan bergeser ke sebelah kiri halaman dan tulisan akan berubah warna menjadi warna Biru. Anda bisa kembali menempatkannya ke bagian tengah dan mengganti warna tulisan menjadi hitam.
1. Buka artikel / tulisan yang sudah Anda ketik
2. tulisan yang ingin Anda tampilkan dalam daftar isi, misalnya yang pertama kali Anda blok tulisan “ISI”,
3. Klik di menu Reference, pada Sub Menu Table of Contents klik di tulisan Add Teks nanti akan muncul pilihan mulai dari Level 1 sampai dengan Level 3. Silahkan Anda klik Level 1. Jangan kaget karena tulisan Anda akan bergeser ke sebelah kiri halaman dan tulisan akan berubah warna menjadi warna Biru. Anda bisa kembali menempatkannya ke bagian tengah dan mengganti warna tulisan menjadi hitam.
cara
membuat equation pada microsoft word
1. Tekan menu insert
2. Tekan menu Equation [ liat menu bagian atas kanan ]
3. Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
4. Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
5. jika anda mau menulis/ memilih rumus lain, klik insert new equation
6. lalu klik rumus yang anda inginkan
7. dan mulailah menulis rumus
1. Tekan menu insert
2. Tekan menu Equation [ liat menu bagian atas kanan ]
3. Akan muncul sebuah kotak di area dokumen
4. Silakan pilih model dari rumus yang dikehendaki
5. jika anda mau menulis/ memilih rumus lain, klik insert new equation
6. lalu klik rumus yang anda inginkan
7. dan mulailah menulis rumus
cara
membuat table :
1. klik menu insert
2. kemudian pilih table
3. setelah itu arahkan kursor untuk menentukan berapa jumlah kotak yang akan anda gunakan. kotak-kotak tersebut adalah jumlah baris dan kolom pada tabel tersebut
4. jika sudah, klik pada kotak yang anda sorot.
1. klik menu insert
2. kemudian pilih table
3. setelah itu arahkan kursor untuk menentukan berapa jumlah kotak yang akan anda gunakan. kotak-kotak tersebut adalah jumlah baris dan kolom pada tabel tersebut
4. jika sudah, klik pada kotak yang anda sorot.
cara
membuat footnote :
1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
2. Klik References kemudian klik Insert Footnote
3. Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
4. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
5. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
1. Letakkan kursor pada akhir kata atau kalimat yang akan diberi footnote.
2. Klik References kemudian klik Insert Footnote
3. Ketikkan catatan atau isi dari footnote tersebut.
4. Maka dibelakang kata atau kalimat yang diberi footnote akan muncul angka kecil, dan dibagian bawah halaman terdapat angka dan keterangan yang telah anda berikan.
5. Jika pointer diarahkan pada angka footnote, maka akan muncul keterangan atau isi footnote tersebut.
Berikut langkah-langkah dalam
menggunakan Columns :
1. Sebelum membuat columns sebaiknya
setelah semua artikel telah selesai ditulis, sehingga kita bisa seleksi text
yang akan dibuat kolom dengan mudah.
2. Block/seleksi text yang akan
dibuat kolom kemudian klik >>> tab Page Layout >>>
Page Setup kemudian>>> Columns
Page Setup kemudian>>> Columns
3. Klik tanda panah kebawah akan
muncul beberapa pilihan : One (satu), dua, tiga kolom dst.
4. Klik salah satu misalnya Two (dua
kolom)
5. Jika ingin membuat kolom sesuai
kreasi sendiri bisa klik More Coloums
Watermark
dimaksudkan untuk memberikan identitas, tanda atau peringatan pada suatu
gambar, foto, video atau suatu dokumen.
Untuk memberi watermark pada Dokumen di Microsoft Office 2007, berikut adalah caranya :
• Buka Dokumen MS. Word yang akan kita beri / pasang watermark
• Klik pada tab Page Layout
• Klik pada Watermark
• Pilih jenis / tampilan watermark, sesuai dengan yang anda inginkan
• Klik pada Custom Watermark, untuk mengubah tulisan, jenis huruf, atau memilih background gambar sebagai watermark.
• Klik Apply, Klik OK
Untuk memberi watermark pada Dokumen di Microsoft Office 2007, berikut adalah caranya :
• Buka Dokumen MS. Word yang akan kita beri / pasang watermark
• Klik pada tab Page Layout
• Klik pada Watermark
• Pilih jenis / tampilan watermark, sesuai dengan yang anda inginkan
• Klik pada Custom Watermark, untuk mengubah tulisan, jenis huruf, atau memilih background gambar sebagai watermark.
• Klik Apply, Klik OK
Cara Membuat Header Dan Footer Pada
Microsoft Office Word silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
- Buka microsoft office word sahabat saya menggunakan word 2010 dan 2007 ataupun 2013 hampir sama saja tinggal menyesuaikan saja.
- Pilih insert.
- Pilih Header atau Footer silahkan pilih dahulu mana yang mau dibuat.
- Sekarang kita bahas Header dahulu. Silahkan klik header dan pilih jenis tampilan headernya.
- Kemudian silahkan double klik pada Headernya sehingga tampilannya menjadi teredit. Silahkan ketik Header microsoft wordnya.
- Setelah itu kita bahasa Footer. Biasanya kalau header sudah ada maka Footer sudah tersedia tinggal tarik kebagian bawah saja dan silahkan double klik dan kemudian di edit.
- Selesai Membuat Header dan Footer pada microsoft word ini.
A.
Cara Membuat Bullets
Untuk membuat bullets ikuti
langkah berikut:
- Arahkan kursor pada menu "Home"
- Pilih "bullets" ( maka akan muncul macam-macam model bullets)
- Klik salah satu model bullets, kemudian akan muncul jenis bullets yang dipilih
B. Cara Membuat Numbering
Untuk
membuat numbering langkahnya hampir sama seperti membuat bullets:
- Arahkan kursor pada menu "Home"
- Pilih "Numbering " (akan muncul macam-macam jenis numbering)
- Klik salah satu jenis numbering, kemudian akan muncul jenis numbering yang dipilih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar